Blog

Hal yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Tamat Sekolah

Masa-masa sekolah adalah masa yang paling indah. Begitulah kalimat yang sering terdengar di telinga kita semua. Kalimat tersebut banyak benarnya, apalagi saat kamu mulai beranjak dewasa dan sudah punya banyak tuntutan hidup. Harus begini, harus begitu. Tidak lagi punya banyak waktu untuk bersenang-senang, apalagi tidur siang. Sudah banyak tanggungjawab yang harus diemban dan diselesaikan. Nah, dalam rangka mengenang masa-masa sekolah, kita punya beberapa list mengenai hal-hal wajib yang adik-adik harus lakukan sebelum meninggalkan bangku sekolah. Apa saja kira-kira isi dari list tersebut? Mari kita simak list-nya dibawah ini:

MASUK BK

Siapa bilang masuk BK harus karena buat onar? Kamu bisa kok masuk BK tanpa embel-embel perbuatan nakal dan ‘tidak diinginkan’ guru lainnya. Coba kamu rasain deh sensasi dari masuk BK karena sekedar ingin berkeluh kesah pada guru BK-mu yang memang sudah punya latar belakang konseling dan punya kapabilitas untuk memberikan saran. Sekali-sekali boleh lah, ya.

NGUTANG MAKAN DI KANTIN

Pasti semua anak sekolahan pernah ke kantin dong ya? Entah sekadar untuk jajan atau nemenin temen jajan. Tapi kalo untuk makan di kantin, pasti ada beberapa yang ogah dan memilih untuk makan di kelas aja. Hayo ngaku, pasti ada kan? Sebelum kamu resmi meninggalkan bangku sekolah, kamu harus cobain minimal sekali lah buat makan di kantin. Inget, makan ya, bukan jajan doang. Alasannya? Biar kamu bisa cuci mata, hehehe. Sebab, kantin itu ibarat pusat kota. Dimana manusia sering berlalu lalang ditempat tersebut. Tentunya di kantin, kamu bakal ketemu sama orang-orang dari berbagai angkatan, kelas, jenis kelamin, wajah, hingga kasta. Maka dari itu, cukup penting bagi kita untuk berlama-lama di kantin, selain untuk mengenal warga sekolah dengan lebih luas, siapa tau, pulang dari kantin kamu bisa ngantongin nomor whatsapp seseorang. Siapa yang tau?

ME TIME DI PERPUS

Bagi mereka yang bilang main ke perpus itu cupu dan gak keren, mereka belum ngerasain aja gimana chill-nya suasana perpus. Kalau kamu lagi bete sama kelas, lagi malas buat ketemu orang lain, menghindar dari labrakan kakak kelas gak tau mau ngapain, kamu bisa coba datang ke perpus buat me time. Kenapa gitu? Ya, karena me time ditempat yang sepi dan tenang dapat mebuatmu lebih menghargai kebersamaan dengan dirimu sendiri, bahkan di sekolah yang ramai sekalipun.

CABUT JALAN-JALAN KELILING SEKOLAH

Eits, jangan salah. Keliling sekolah tanpa alasan yang jelas juga perlu kamu lakukan sebelum tamat. Gak cuman dengan alasan cabut kelas, keliling sekolah bisa kamu lakukan di waktu senggang, seperti saat istirahat, saat kecepatan datang ke sekolah padahal bel masuk masih dua jam lagi, atau saat pulang sekolah. Mengapa kegiatan keliling sekolah ini masuk kedalam list? Karena dengan mengelilingi sekolah, kamu bisa lebih mengenali sekolahmu, termasuk mengenali setiap sudut dan orang-orang didalamnya. Saat kamu sedang berkeliling, banyak kemungkinan kamu akan bertegur sapa dengan kenalanmu, baik itu penjaga sekolah, satpam, teman, guru, kepala sekolah, ibu kantin, sampai penunggu sekolah bisa kamu temui. Kegiatan ini juga bisa menumbuhkan rasa syukurmu terhadap apa yang sekarang kamu miliki, seperti, “wah ternyata aku keren juga ya bisa sekolah disini”. Namun, gak menurup kemungkinan juga kegiatan ini justru membuatmu berpikir, “duh, nyesel sekolah disini, tau gitu aku daftar disekolah lain aja dah.” Hehehe.

IKUT LOMBA/EKSKUL/ORGANISASI

Sebenarnya poin ini gak wajib-wajib amat, sih. Hanya saja alangkah baiknya kamu mencicipi salah satu dari ketiga aktivitas diatas. Ibarat makan sayur tanpa garam, seperti itulah kira-kira bersekolah tanpa mereka bertiga. Gak harus tiga-tiganya dijabanin, kok. Kamu bisa pilih ingin fokus ke yang mana. Namun, biasanya, kalau kamu ikut ekskul atau organisasi, kemungkinan besar kamu akan mencicipi yang namanya perlombaan. Melalui tiga kegiatan tersebut, potensi dan relasi kamu akan bertambah dan terus diasah. Yakin gak mau berbakat, berprestasi dan punya banyak teman?

Begitulah kira-kira lima hal yang wajib kamu lakukan sebelum meninggalkan masa-masa sekolah. Silakan buat masa sekolahmu sebaik dan semenarik mungkin. Ukir banyak kenangan. Kelak, masa-masa ini akan sangat kamu rindukan saat sudah terjun bebas kedalam realita hidup yang sebenarnya. Yuk, semangat ya sekolahnya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button