Blog

Tips Jitu Menang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Saat ini kebutuhan akan sebuah tulisan menjadi sangat penting untuk kemajuan dunia pendidikan, bahkan dari tingkat SMP-SMA sudah diperkenalkan dengan karya tulis ilmiah. Tapi, apakah kamu sudah mampu menulis karya ilmiah dengan baik? Jawabannya mungkin saja belum. Nah, tulisan kali ini akan membahas tips jitu menulis karya ilmiah biar karya tulis kamu enggak melulu nangkring hanya sampai di abstrak yak!

Apa Itu Karya Tulis Ilmiah?

Sebelum kita panjang lebar bahas jurus jitu nulis karya ilmiah, ada baiknya kita paham dulu sebenarnya apa sih karya tulis ilmiah itu? Karya tulis ilmiah adalah sebuah tulisan yang disusun oleh perorangan atau kelompok yang membahas suatu pokok bahasan dengan menuangkan gagasan-gagasan tertentu melalui identifikasi, deskripsi, dan analisis terhadap permasalahan dan saran-saran untuk pencerahannya dengan mengikuti kaidah penulisan. Lantas, bagaimana cara menulis karya ilmiah yang baik?

#1 Memilih Judul

Cara pertama untuk membuat karya tulis ilmiah yaitu dengan memilih judul yang mampu mengikat perhatian dengan skema yang singkat, menarik dan jelas.  Pastikan dalam suatu judul karya tulis ilmiah ada 1-2 kata yang membuat orang lain penasaran ketika membacanya. Gunakanlah singkatan atau branding yang menarik sehingga orang lain tertarik untuk membaca karya tulis yang kalian buat. Karena hal yang pertama kali dilihat oleh orang lain adalah judul sebelum membaca sebuah tulisan, jadi gunakanlah judul yang menarik.

Contoh judul yang menarik: SAMURAI Formulasi Balsam Ekstrak Etanol Merica Putih (Paper alham L.) dan Daun Serai Sebagai Inovasi Sediaan Balsam Alami Ramah Lingkungan

#2 Pilih Topik Ide yang Memiliki Urgensi Paling Tinggi

Caranya adalah dengan memilih topik atau ide yang saat ini sedang menjadi hot news. Contohnya, saat ini sedang gencar-gencarnya virus Corona atau pengadaan vaksin Corona. Dengan memilih topik seputar virus Corona tentu akan banyak orang membutuhkan informasi tersebut. Ide topik seperti ini lebih menjual dan menarik perhatian orang lain.

#3 Aplikatif dan Memiliki Dampak yang Luas

Walaupun inovasinya hanya mengajak dan mungkin terlihat cukup sederhana yang penting adalah bisa diaplikasikan dalam kehidupan. Nilai dari sebuah karya tulis akan percuma jika memiliki ide yang brilian akan tetapi tidak bisa diaplikasikan atau diimplementasikan.  Contoh sederhananya seperti memanfaatkan limbah sehingga mampu dijual dengan harga yang lebih tinggi atau mengubah limbah tersebut agar lebih bermanfaat untuk masyarakat.

#4 Abstrak adalah Poin Kunci

Dalam menulis karya tulis ilmiah kita harus juga menyertakan abstrak. Nah, dalam penulisan abstrak ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Judul karangan
  • Latar belakang
  • Tujuan
  • Metode penelitian
  • Sumber data
  • Masalah yang dibahas
  • Hasil yang dicapai

#5 Carilah Ide yang Selaras dengan Tujuan Program Pemerintah atau Organisasi Dunia (SDG’s, Perpres, PP, Revolusi Industri 4.0, dsb)

Dengan memilih topik yang relevan dengan tujuan pemerintah atau organisasi dunia kita akan berkesempatan untuk berkontribusi dalam  menciptakan kesejahteraan publik dan tentu saja akan memudahkan kamu para penulis untuk menemukan referensi.

Nah, itu dia 5 cara menulis karya tulis yang baik. Perlu diingatkan kembali bahwa dalam kepenulisan karya tulis ilmiah untuk kaidah kepenulisan biasanya akan berbeda-beda di setiap tempat. Untuk itu jika akan menulis karya tulis ilmiah ikuti panduan kepenulisan di mana karya tulis kalian akan dipublikasikan atau digunakan.

Ikuti: Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button